Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri – Banyak orang yang menghubungkan mengenai keluhan sakit dada sebelah kiri dengan serangan jantung, akan tetapi kondisi tersebut bisa jadi disebabkan oleh gangguan kesehatan atau penyakit lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit informasi tentang penyebab sakit dada sebelah kiri yang patut untuk anda waspadai. Silahkan simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri

Jika sakit dada sebelah kiri yang anda alami akibat dari serangan jantung, tentunya diperlukan tindakan pengobatan yang cepat. Namun, jika disebabkan akibat dari masalah kesehatan atau penyakit lainnya, bisa jadi tidak perlu melakukan pertolongan yang darurat.

Oleh sebab itu, penting bagi kita mengetahui apa saja penyebab sakit dada sebelah kiri serta gejala apa yang muncul menyertainya, sehingga penanganan dapat segera dilakukan secara cepat dan tepat.

Berikut ini beberapa gangguan atau penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami rasa sakit dada sebelah kiri, antara lain :

  • Angina

Jika anda mengalami gejala sakit dada yang luar biasa tajam seperti kram otot pada dada disertai dengan sesak harap untuk waspada. Bisa jadi kondisi tersebut salah satu pertanda anda mengalami angina. Gangguan kesehatan ini diakibatkan oleh penyempitan pada arteri jantung sehingga sirkulasi darah tidak berjalan semestinya. Biasanya kondisi terjadi setelah melakukan aktivitas fisik yang membuat jantung bekerja lebih keras.

  • Cedera

Cedera fisik pada dada, seperti halnya pada otot yang meregang atau syaraf kejepit dapat menyebabkan sakit pada dada sebelah kiri. Rasa sakit akibat saraf yang tertekan juga dapat mengakibatkan mati rasa pada lengan dan kondisi sering kali disalahartikan oleh kebanyakan orang sebagai serangan jantung.

  • Serangan jantung

Kondisi tergolong cukup serius, dimana aliran darah ke otot jantung tiba-tiba terhambat. Gejala serangan jantung ini ditandai dengan rasa sakit pada dada ketika ada kontak fisik, seperti dada di tekan, dan diremas, serta muncul rasa berat dalam rongga dada, dan tidak sedikit kasus seseorang yang mengalami serangan jantung ini merasakan sensasi terbakar. Gejala lain yang sering kali ditimbulkan yaitu sesak napas, keluar keringan dingin, wajah memerah, sakit kepala hingga badan letih dan mudah lelah.

  • Gangguan pada paru-paru

Bukan hanya gangguan jantung saja, sakit dada juga bisa menjadi pertanda dari gangguan paru-paru seperti infeksi paru-paru. Dimana masalah kesehatan tersebut mengakibatkan terjadinya peradangan paru-paru dan selaput pleuritis. Gejala umum infeksi paru-paru ini yaitu sakit dada sebelah kiri, gangguan pernapasan, batuk, dan napas terengah-engah.

  • Masalah pada usus

Pada saat banyak gas yang terbentuk di dalam usus dan tubuh belum dapat mengeluarkan semuanya, maka gas menjadi menumpuk dan mendorong usus sehingga dapat timbul sakit dada. Kondisi ini biasanya disertai oleh gejala perut terasa kembung dan sering bersendawa. Gangguan saluran pencernaan lain yaitu GERD (gastro-esophageal reflux disease), yang mana terdapat aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan. Gangguan asam lambung dapat merusak kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati.

  • Stres

Bukan hanya gangguan fisik saja yang di waspadai dari gejala sakit dada sebelah ini, namun juga stres juga dapat mengakibatkan gejala tersebut. Stres yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan gejala rasa sesak, segera cari tahu cara mengatasi stres. Kondisi tersebut dapat semakin parah jika dibarengi dengan gaya hidup yang buruk, seperti kebiasaan merokok, sering mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, kelebihan berat badan, atau juga akibat penyakit diabetes. Apabila kondisi tersebut tidak ditangani dengan cepat dan tepat, maka dapat berpotensi tinggi munculnya penyakit jantung.

Pada saat sakit dada menyerang, tindakan pertama yang bisa anda coba lakukan yaitu dengan berbaring dan ambil napas secara perlahan-lahan dalam beberapa kali. Selanjutnya minum air putih guna membantu menenangkan diri. Namun jika rasa sakit yang dialami seperti dibawah ini segera lakukan tindakan pengobatan.

  • Dada Terasa berat, terutama pada saat di tekat dan diremas.
  • Rasa sakit menyebar dari dada ke lengan, punggung, hingga ke rahang.
  • Rasa sakit berlangsung dalam kurun waktu lebih dari 15 menit.
  • Gejala yang muncul disertai dengan mual, muntah hingga keluar darah, sesak napas dan tubuh keluar keringat dingin.
  • Mempunyai risiko terhadap penyakit jantung koroner. Risiko ini muncul karena memiliki kebiasan merokok dan mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti: kelebihan berat badan atau obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau diabetes.

Pengobatan Sakit Dada Sebelah Kiri

Nah, bagi anda yang sering mengeluhkan sakit dada sebelah kiri yang tidak kunjung sembuh, kini telah hadir pengobatan herbal alami yang terbuat dari ekstrak gamat emas yakni QnC Jelly Gamat. Produk herbal terlaris di Indonesia dengan khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan serta pengobatan berbagai masalah kesehatan secara alami, aman dan nyaman tanpa efek samping. Info lengkapnya bisa di lihat di ⇒ Obat QnC Jelly Gamat Original.

Jangan menganggap sepele gejala sakit dada sebelah kiri ini. Jika anda mengalami gejala tersebut segera lakukan pemeriksaan dan segera lakukan pengobatan sebelum terlambat. Terimakasih atas kunjungannya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *