Bahaya Sering Mengkonsumsi Mie Instan

Bahaya Sering Mengkonsumsi Mie Instan – Mie instan memang salah satu olahan makanan yang sangat di gemari dengan cara pembuatannya yang praktis. Hampir diseluruh Dunia, khususnya di Indonesia makanan ini terkenal dan memiliki banyak penggemar. Berbagai perusahaan menjual mie instan dengan variasi rasa yang beraneka ragam.

Bahaya Sering Mengkonsumsi Mie Instan

Sebenarnya para ahli kesehatan telah menginformasikan mengenai bahaya sering mengkonsumsi mie instan yang memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Namun tetap saja masih banyak yang mengkonsumsinya, seolah-olah peringatan tersebut hanya angin lalu saja. Harga yang ekonomis dan praktis membuat makanan ini masih laku terjual dipasaran, tanpa mengetahui akan dampak negatif yang ditimbulkan jangka panjangnya.

Pada kesempatan kali ini kami www.obatqnc.com akan menginformasikan kepada para pembaca mengenai Bahaya Sering Mengkonsumsi Mie Instan terhadap kesehatan dan berpotensi menimbulkan berbagai kerusakan serta penyakit yang mengancam tubuh. Silahkan simak informasinya dibawah ini :

Bahaya Makan Mie Instan Bagi Kesehatan

1. Menghambat penyerapan nutrisi

Masih banyak orang tua yang memberi anaknya mie instan dengan berbagai alasan tertentu seperti lebih praktis ataupun anak lebih suka makan mie instan. Padahal makanan ini jika dikonsumsi terlalu sering akan memberikan dampak yang tidak baik, salah satunya menghambat penyerapan nutrisi, terutama anak yang masih berusia dibawah 6 tahun sangat memerlukan nutrisi untuk menjaga tumbuh kembang.

2. Meminu tekanan darah tinggi

Normalnya tekanan darah seseorang yaitu 130/80, akan tetapi keseringan mengkonsumsi mie instan ini akan berpotensi tekanan darah tinggi naik akibat dari kandungan zat kimia yang ada dalam mie instan tersebut.

3. Metabolisme terganggu

Kandungan zat kimia berbahaya yang ada di dalam mie instan dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Masih banyak orang yang keliru mengenai mie instan sebagai penambah energi, padahal sebenernya mengkonsumsi mie instan ini dapat menurunkan sistem metabolisme tubuh akibat dari zat-zat kimia yang terkandungnya.

4. Memicu tumbuhnya sel kanker

Hal yang paling menakutkan dari bahaya mie instan ini yaitu tumbuhnya sel kanker. Penyakit kanker merupakan salah satu masalah yang serius dan dapat terjadi kepada siapa saja baik anak-anak maupun lanjut usia. Berbagai zat kimia yang terkandung dalam mie instan ini, salah satunya styrofoam akan memicu pertumbuhan sel kanker pada jaringan tubuh. Zat kimia styrofoam ini jika diberi air panas akan memunculkan zat kimia lainnya yang mengancam kesehatan tubuh.

Baca juga :

5. Mengganggu sistem pencernaan

Akibat sistem pencernaan terhambat yang menyebabkan nutrisi dalam tubuh terganggu membuat pencernaan bermasalah. Kondisi ini tentunya akan mengganggu sistem pencernaan, karena untuk pencernaan yang baik memerlukan asupan nutrisi dan mineral yang banyak, sehingga bilamana sering mengkonsumsi mie instan ini selain dapat menghambat penyerapan nutrisi namun berpotensi juga mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan penyakit maag.

6. Mengakibatkan kegugugran bagi wanita hamil

Untuk para wanita yang sedang hamil, alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsi mie instan, karena dapat meningkatkan potensi keguguran. Zat kimia yang terkandung dalam mie instan seperti pengawet dapat menyebabkan wanita keguguran. Jangan sampai hal yang tidak diinginkan ini terjadi akibat ketelodoran diri sendiri.

7. Meningkatkan risiko stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang sering banyak diderita orang di Dunia, terutama di Indonesia. Mie instan juga memiliki dampak risiko seseorang mengalami stroke, karena kandungan zat kimia dalam mie instan memiliki potensi yang tinggi dalam menggambat kelancaran aliran darah dalam tubuh.

8. Menyebabkan kerusakan hati

Sering mengkonsumi mie instan terutama secara rutin akan menyebakan terjadinya kerusakan pada organ hati. Karena dalam mie instan ini mengandung proplene glycol yang sudah jelas dapat mengganggu kinerja hati yang berpotensi rusaknya organ hati tersebut.

9. Diabetes

Kandungan gula yang tinggi dalam mie instan ini cenderung dapat menyebabkan penyakit Diabetes. Tanpa disadari kandungan gula tersebut diserap oleh tubuh dan bilamana masih saja mengkonsumsi mie instan secara rutin tidak menutup kemungkinan berpotensi terkena penyakit diabetes.

10. Gagal Ginjal

Profplene Glycol memang salah satu zat kimia yang dapat mengancam kesehatan tubuh, selain dapat merusak organ hati, zat kimia ini juga berpotensi terhadap terjadinya gagal ginjal. Dimana organ ginjal ini sangat berperan penting dalam tubuh kita.

11. Mengganggu hormon pada wanita

Untuk para wanita awas bahaya mie instan yang dapat mengganggu hormon, karena kandungan sodium yang terdapat pada mie instan ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga menimbulkan berbagai gejala seperti masalah siklus menstruasi hingga menyebabkan munculnya jerawat.

12. Menyebabkan kadar kolesterol tinggi

Selain makanan bersantan dan makanan laut, ternyata mie instan juga dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat tinggi. Hal ini disebabkan kandungan garam yang tinggi yang ada dalam mie instan tersebut.

13. Mengganggu seksualitas pria

Zat kimia berbahaya yang terdapat pada mie instan bukan hanya dapat berpotensi ketidakseimbangan hormon pada wanita saja, namun ternyata pada pria juga dapat mengganggu seksualitas yang membuat pria sulit mengontrol gairah seksualnya.

14. Kencing Manis

Seperti yang telah disebutkan tadi, kandungan gula yang tinggi dalam mie instan juga dapat menyebabkan terjadinya seseorang menderita kencing manis.

15. Perut buncit dan muncul kantung mata

Asupan garam yang tinggi ke dalam tubuh dapat berpotensi perut buncit dan juga menyebabkan munculnya kantung mata.

16. Obesitas

Mengkonsumsi mie instan secara sering dan rutin dapat memberikan efek mudah rasa lapar. Kondisi ini tentunya akan cenderung untuk ingin makan kembali dengan jumlah yang berkali lipat. Tidak sedikit pula banyak orang yang mengkonsumsi mie instan ini dengan manambahkan nasi.

17. Sakit Kepala

MSG memang bukan hanya tidak baik terhadap otak kita, namun juga dapat menyebabkan efek ringan maupun serius seperti sakit kepala.

18. Wajah Bengkak

Kandungan MSG dalam mie instan ini dapat menyebabkan wajah bengkak serta memerah. Tidah sedikit orang yang tidak menyadari hal ini karena masalah kesehatan ini perlu waktu yang lama yang mengharuskan MSG terserap oleh terserap terlebih dahulu oleh tubuh.

19. Mengganggu sistem pernapasan

Kandungan MSG memang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, selain dapat menimbulkan gejala diatas, MSG yang diserap tubuh juga dapat mengganggu sistem pernapasan dengan memberikan gejala awal sulit bernafas dan sesak di dada.

20. Penyakit Jantung

Yang terakhir bahaya sering mengkonsumsi mie instan terhadap kesehatan yaitu penyakit jantung. Hal ini seperti halnya yang ada dalam junk food atau makanan yang sedikit vitamin, selain itu juga mie instan mengandung cardionmetabolic syndrome.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *