Acarbose

Selamat datang di www.obatqnc.com, situs informasi tentang info kesehatan terupdate sekaligus pengobatan alaminya. Pada halaman ini kami akan mengulasi mengenai Obat Acarbose – Aturan Pakai dan Efek Sampingnya.

Apa itu obat Acarbose?

Acarbose

Acarbose adalah kelompok obat antidiabetes khususnya sebagai mengobati diabetes tipe 2, dimana berguna untuk membantu mengendalikan kadar gula darah dengan cara kerja memperlambat dalam proses pencernaan karbohidrat untuk menjadi senyawa gula yang lebih sederhana. Obat ini dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah setelah makan. Bukan hanya dapat mengubah pola konsumsi makanan serta program olah gerak tubuh saja, para penderita diabetes biasanya juga pada ahli medis memberikan acarbose sebagai obat pelengkap atau tambahan.

Agar mampu mengendalikan diabetes, acarbose bisa dikonsumsi berbarengan dengan obat lainnya seperti insulin, metformin, sulfonilurea. Apabila kadar gula darah dapat terkendali, maka pengidap diabetes bisa tercegah terjadinya berbagai masalah kesehatan lainnya seperti serangan jantung, kerusakan ginjal, disfungsi ereksi, kerusakan saraf, kebutaan, kehilangan keseimbangan hingga stroke. Obat ini tidak dianjurkan dikonsumsi bagi penderita diabetes berusia dibawah 18 tahun kebawah dan harus sesuai anjuran atau resep yang telah diberikan oleh dokter.

Perhatian !

Alangkah baiknya sebelum mengkonsumsi obat diabetes acarbose mengetahui informasi dibawah ini, guna mengurangi dampak dan resiko kesehatan terjadi.

  • Tidak disarankan bagi wanita yang sedang merencanakan program hamil atau juga wanita yang sedang hamil, dan menyusui dilarang.
  • Bagi pengidap gangguan hati, ginjal, penderita hernia, penyakit maag, radang usus, gangguan pencernaan, tukak lambung, dan sedang menjalani diet diabetes untuk tidak mengkonsumsi acarbose.
  • Pada saat mengkonsumsi acarbose tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi gula biasa (sukrosa) saat dalam fase hipoglikemia. Kami sarankan untuk mengonsumsi glukosa jenis dextrose yang tersedia dalam bentuk tablet, sirup, atau dalam bentuk permen.

Aturan Pakai Acarbose

Biasanya mengkonsumsi acarbose pada awal pengobatan yaitu 50 hingga 150 mg setiap harinya. Apabila kondisi tubuh merespon dengan baik, maka dalam rentang waktu 6 sampai 8 minggu dosis dapat ditingkatkan menjadi 150 mg/hari. Agar mengoptimalkan pengobatan, acarbose harus dikonsumsi secara rutin dan sesuai aturan serta dibarengi dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Kami menyarankan sebelum mengkonsumsi acarbose untuk membaca petunjuk terlebih dahulu yang telah ada dalam masing-masing kemasan serta mengikuti anjuran dokter guna mengurangi dampak risiko bahaya efek samping yang ditimbulkan dari obat antidiabetes ini.

Anda dapat mengkonsumsi acarbose sebelum menyantap sarapan, makan siang dan makan malam. Obat ini juga dapat Anda minum berbarengan dengan suapan pertama makanan. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat dibarengi dengan minum acarbose, karena berpotensi terjadinya diare, perut kembung, atau bahkan sakit perut.

Alangkah baiknya untuk melukan pemeriksaan kadar gula secara rutin dan teratur serta konsultasikan kesehatan bersama dikter jika anda menjalani aktivitas tertentu yang dapat mempengaruhi kadar gula darah, seperti bekerja, berolahraga, dan mengkonsumsumsi minuman keras.

Pastikan mengkonsumsi acarbose ini memberikan rentang waktu yang cukup antara dosis dengan dosis berikutnya, serta usahakan agar mengkonsumsi acarbose ini pada jam yang sama setiap harinya guna mengoptimalkan efeknya.

Efek Samping dan Bahaya Acarbose

Perlu anda ketahui bahawa reaksi tubuh orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Namun berikut ini ada beberapa efek samping yang umumnya terjadi setelah mengkonsumsi acarbose, yaitu:

  • Diare dan sakit perut.
  • Perut kembung.
  • Kram perut.
  • Mual dan muntah.
  • Gangguan pencernaan.

Itulah beberapa efek samping acarbose yang sering kali muncul, selain itu juga waspadai pula kemungkinan efek samping lainnya seperti : pembengkakan pada bibir, wajah dan lidah serta penyakit kuning.

Apabila mengalami nyeri atau merasakan gangguan pada otot-otot segera kunjugi dokter untuk menanyakan lebih lanjut gejala yang dialami. Apalagi jika efek samping yang terjadi terus berlanjut dan berkepanjangan yang mengganggu aktivitas sehari hari, atau Anda mengalami reaksi alergi, untuk secepatnya temui dokter atau datangi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan tindakan secepatnya.

Silahkan lihat lebih lanjut mengenai:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *